Rabu, 08 Oktober 2014

Media masa


Bicara mengenai media,di era gobalisasi sekarang, kurang pas kalo kita belum kenal Rupert Murdoch salah satu penguasa media terbesar dan memiliki andil yang kuat untuk dunia terutama pada media televisi, Keith Rupert Murdoch, AC , KSG (lahir 11 Maret 1931) adalah Amerika Australia raja bisnis. Murdoch merupakan pribadi yang optimis dan ambisius dalam menjalakan tujuanya,dia tidak pernah mau kalah berasaing dalam menjalankan bisnisnyaIa merupakan anak dari pasangan Sir Keith Murdoch dan Elisabeth Greene, kedua orangtuanya juga dilahirkan di Melbourne.

Murdoch menjadi managing director Australia News Limited , warisan dari ayahnya, pada tahun 1952. Dia adalah pendiri, Chairman dan CEO dari media global perusahaan induk News Corporation , terbesar kedua di dunia konglomerat media , dan penerusnya News Corp dan 21st Century Fox setelah konglomerat dibagi pada 28 Juni 2013.




Inilah beberapa Media Massa yang dikuasai oleh Si Raja Media Ruppert Murdoch.
1.      News Limited (Australia)
2.      The Sun (inggris)
3.      The News World (Inggris)
4.      Sky Television (Inggris)
5.      San Antonio Express News (Amerika)
6.      Supermarket Star (Amerika)
7.      New York Post (Amerika)
8.      20th Century Fox (Amerika)
9.      Metro Media (Amerika)
10.  Star TV (Asia)
11.  My Space (Amerika)
12.  Blue Sky Studios
13.  Fox Entertainment Group
14.  Fox Broadcasting Company
15.  Andalas Televisi
16.  Sky News
17.  Phoenix Television
18.  Fox News Channel
19.  Fox Crime
20.  National Geographic Channel
21.  Fox Sports
22. DLL     

Selain itu juga banyak terdapat para tokoh dunia yang menguasai industri media massa seperti di antaranya :
Ø  Larry Page dan Sergey Brin (Eksekutif Google)
Lary Page dan Sergey Brin, mereka berdua adalah Raja di Internet. Lewat Mesin Pencari yang bernama Google, mereka mempermudah para netter untuk mencari informasi dengan Google. Bahkan mereka telah menghibur dunia dengan youtube yang telah mereka akuisisi dan juga Android yang siap merubah dunia handphone.
Ø  Stave Jobs (CEO Apple)
Jobs mempopulerkan download musik, acara TV, dan film secara legal.
Ø  Bill Gates (Direktur Microsoft Office)
Ia adalah orang terkaya di dunia berkat software, seperti DOS, XP, Vista, 7, dan SO Windows lainnya.
Ø  Jimmy Wales (Founder Wikipedia)
Ia juga meluncurkan mesin pencari pribadi bernama WikiSeek yang melakukan pencarian terhadap situs-situs yang disebutkan dalam Wikipedia.
Ø  Mark Zuckerberg (Pendiri Jejaring Sosial Facebook)
Mantan Mahasiswa Hardvard ini adalah penggemar berat Bill Gates, di usianya yang masih muda saja dia jauh lebih sukses daripada sang idolanya pada saat Bill Gates masih muda. Berkat Facebook dia telah merubah dunia dan berkat kekayaan yang dia miliki dia menjadi dermawan mnegikuti jejak sang idola (Bill Gates).
Ø  Mike Schroepfer (Vice President of Engineering Mozilla)
Mike Schroepfer adalah jenderal bintang lima yang memimpin raksasa tentara open-source tetapi secara desentral yang terdiri dari para anggota dan relawan insinyur.
Ø  Jack Dorsey (Pendiri MicroBlogging Twitter)
Jack Dorsey adalah sang pendiri situs microblogging Twitter. Dengan situs microblogging yang bernama twitter dia telah mempermudah pekerjaan para jurnalistik karena berbagai peristiwa seperti politik, pertandingan olah raga, bencana, entertainment, dan lainnya dengan mudah sampai kepada masyarakat.
Ø  George Hotz (hacker)
George Hotz mungkin adalah hacker terhebat di tahun 2010. Dialah hacker yang pertama kali berhasil meng-hack system operasi PS3 dan juga dia berhasil meng-hack iPhone.
Selain itu juga dia pernah menantang Sony atas tindakan sony melakukan update firmware ps3 sehingga membuat pihak sony ketakutan.
Ø  Jerry Yang, David Filo, dan Terry Semel (Eksekutif Yahoo)
Perusahaan ini juga melanjutkan aksinya dengan peluncuran properti baru seperti Yahoo Food dan Yahoo Pipes (untuk pembuatan custom data feed). Pergeseran Yahoo ke platform iklan Panama mewakili usaha lain menarik pendapatan iklan yang telah dikuasai Google.
Ø  Sir Tim Berners-Lee (Direktur World Wide Web Consurtium)
Ilmuwan Inggris ini merancang Web browser, editor, dan language protocol (HTTP) pertama sementara juga bekerja sebagai ilmuwan untuk CERN (European Organization for Nuclear Research), dan ia mendirikan W3C pada 1994.

Teknologi komunikasi mendukung kerja corporation di berbagai Negara secara terpisah 
Saat ini penerapan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan. Pembangunan Teknologi Informasi Perusahaan dilakukan secara bertahap sebelum sebuah sistem holistik atau menyeluruh selesai dibangun, hal tersebut disesuaikan dengan kekuatan sumber daya yang dimiliki. Dalam penerapannya, rencana strategis teknologi informasi senantiasa diselaraskan dengan rencana perusahaan, agar setiap penerapan teknologi informasi dapat memberikan nilai bagi perusahaan. Mengacu kepada arsitektur teknologi informasi perusahaan, penerapan Teknologi Informasi yang dilakukan dikategorikan sebagai berikut :
A.    Aplikasi Teknologi Informasi yang menjadi landasan dari berbagai aplikasi lain yang ada di dalam Perusahaan antara lain sistem operasi, basis data, network management dan lain-lain.
B.     Aplikasi yang sifatnya mendasar (utility) yaitu aplikasi Teknologi Informasi yang dipergunakan untuk berbagai urusan utilisasi sumber daya Perusahaan anatara lain sistem penggajian, sistem akuntansi & keuangan dan lain-lain.
C.     Aplikasi Teknologi Informasi yang sesuai dengan kebutuhan spesifik Perusahaan terutama yang berkaitan dengan proses penciptaan produk/jasa yang ditawarkan Perusahaan antara lain Aplikasi Properti, Aplikasi Forwarding dan Aplikasi Pergudangan.

Korporasi media massa yang ada di indonesia 
Banyak masyarakat Indonesia yang bergantung dengan media massa untuk hanya mencari sebuah hiburan ataupun untuk memenuhi kebutuhanya. Untuk sebagian pebisnis, dalam pandangan mereka itu merupakan salah satu peluang untuk meraup keuntungan yang menjanjikan. Maka tak heran dengan selalu bertambahnya media massa di Indonesia, dalam percetakan, pertelevisian ataupun radio. Dalam bidang pertelevisian, selain TVRI sebagai stasiun pertama yang berdiri di Indonesia yaitu pada tanggal 24 Agustus 196. terdapat 11 (sebelas) stasiun televisi lainya, Sebelas televisi ini ternyata dikuasai beberapa grup pemilik seperti MNC yang menguasai MNC (tadinya TPI), Metro TV, Global TV dan RCTI. Transcorp/Grup Para menguasai Trans TV dan Trans 7, kemudian Bakrie Group menguasai ANTV dan TV One , SCTV dan IVM (Indosiar Visual Mandiri) dikuasai kelompok yang sama, disamping TVRI serta Space Toon yang punya ijin siaran nasional, namun saham kepemilikan space toon kini telah di beli oleh perusahaan swasta dan berganti nama menjadi NET.
Di samping itu kini telah beroperasi 7 televisi berlangganan satelit, 6 televisi berlangganan terrestrial, dan 17 televisi berlangganan kabel. Tahun 2002, terdapat 1188 Stasiun Siaran Radio di Indonesia. Jumlah itu terdiri atas 56 stasiun RRI dan 1132 buah Stasiun Radio Swasta. Perkembangan industri dan bisnis penyiaran juga telah mendorong tumbuh pesatnya bisnis rumah produksi (Production House/PH). Sebelum krisis ekonomi, tercatat ada 298 buah perusahaan PH yang beroperasi di mana sekitar 80% di antaranya berada di Jakarta. Pada saat krisis, khususnya antara tahun 1997-1999, jumlah PH yang beroperasi menurun drastis sampai sekitar 60%. Pada tahun 2003, bisnis PH secara perlahan kembali bangkit yang antara lain didorong oleh peningkatan jumlah televisi swasta. Kebutuhan TV swasta akan berbagai acara siaran, mulai acara hiburan sampai acara informasi dan pendidikan, banyak diproduksi oleh PH local. dalam bisnis media penerbitan, khususnya surat kabar dan majalah, juga mengalami peningkatan khususnya dalam hal kuantitas. Pada tahun 2000, menurut laporan MASINDO, terdapat 358 media penerbitan. Jumlah tersebut terdiri atas 104 surat kabar, 115 tabloid, dan 139 majalah.

Unsur persaingan bisnis yang sekarang dilakukan media massa
Banyak sekali unsur-unsur bisnis yang dilakukan oleh media massa sekarang, karena dalam perkembangan teknologi sekarang hampir semua menggunakan media massa. bahkan media massa berlomba memberikan yang terbaik kepada masyarakat untuk memberikan tontonan atau persembahan terbaik untuk mencapai rating yang baik juga. dan mencari kegemaran dan trend sekarang yang sedang berlansung didalam masyarakat. bahkan banyak dari media televisi indoneisa, dalam 2 atau lebih dari stasiun televisi sudah dipegang oleh satu saham. bahkan banyak juga yang menarik atau membeli diluar media televisi. seperti online, media cetak, radio, dan lainnya. untuk melengkapi kebutuhan hiburan melalui media kepada masyarkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar