Bicara mengenai media,di era gobalisasi sekarang, kurang pas kalo kita belum kenal Rupert Murdoch salah satu penguasa media terbesar dan memiliki andil yang kuat untuk dunia terutama pada media televisi, Keith
Rupert Murdoch, AC , KSG (lahir 11 Maret 1931) adalah Amerika Australia
raja bisnis. Murdoch merupakan pribadi yang optimis dan ambisius dalam
menjalakan tujuanya,dia tidak pernah mau kalah berasaing dalam menjalankan
bisnisnyaIa merupakan anak dari pasangan Sir Keith Murdoch dan Elisabeth
Greene, kedua orangtuanya juga dilahirkan di Melbourne.
Inilah beberapa Media Massa yang dikuasai oleh Si Raja Media Ruppert Murdoch.
1. News
Limited (Australia)
2. The
Sun (inggris)
3. The
News World (Inggris)
4. Sky
Television (Inggris)
5. San
Antonio Express News (Amerika)
6. Supermarket
Star (Amerika)
7. New
York Post (Amerika)
8. 20th
Century Fox (Amerika)
9. Metro
Media (Amerika)
10. Star
TV (Asia)
11. My
Space (Amerika)
12. Blue
Sky Studios
13. Fox
Entertainment Group
14. Fox
Broadcasting Company
15. Andalas
Televisi
16. Sky
News
17. Phoenix
Television
18. Fox
News Channel
19. Fox
Crime
20. National
Geographic Channel
21. Fox
Sports
22. DLL
Selain itu juga banyak
terdapat para tokoh dunia yang menguasai industri media massa seperti di
antaranya :
Ø Larry
Page dan Sergey Brin (Eksekutif Google)
Lary Page dan Sergey
Brin, mereka berdua adalah Raja di Internet. Lewat Mesin Pencari yang bernama
Google, mereka mempermudah para netter untuk mencari informasi dengan Google.
Bahkan mereka telah menghibur dunia dengan youtube yang telah mereka akuisisi
dan juga Android yang siap merubah dunia handphone.
Ø Stave
Jobs (CEO Apple)
Jobs mempopulerkan
download musik, acara TV, dan film secara legal.
Ø Bill
Gates (Direktur Microsoft Office)
Ia adalah orang terkaya
di dunia berkat software, seperti DOS, XP, Vista, 7, dan SO Windows lainnya.
Ø Jimmy
Wales (Founder Wikipedia)
Ia juga meluncurkan
mesin pencari pribadi bernama WikiSeek yang melakukan pencarian terhadap
situs-situs yang disebutkan dalam Wikipedia.
Ø Mark
Zuckerberg (Pendiri Jejaring Sosial Facebook)
Mantan Mahasiswa
Hardvard ini adalah penggemar berat Bill Gates, di usianya yang masih muda saja
dia jauh lebih sukses daripada sang idolanya pada saat Bill Gates masih muda.
Berkat Facebook dia telah merubah dunia dan berkat kekayaan yang dia miliki dia
menjadi dermawan mnegikuti jejak sang idola (Bill Gates).
Ø Mike
Schroepfer (Vice President of Engineering Mozilla)
Mike Schroepfer adalah
jenderal bintang lima yang memimpin raksasa tentara open-source tetapi secara
desentral yang terdiri dari para anggota dan relawan insinyur.
Ø Jack
Dorsey (Pendiri MicroBlogging Twitter)
Jack Dorsey adalah sang
pendiri situs microblogging Twitter. Dengan situs microblogging yang bernama
twitter dia telah mempermudah pekerjaan para jurnalistik karena berbagai
peristiwa seperti politik, pertandingan olah raga, bencana, entertainment, dan
lainnya dengan mudah sampai kepada masyarakat.
Ø George
Hotz (hacker)
George Hotz mungkin
adalah hacker terhebat di tahun 2010. Dialah hacker yang pertama kali berhasil
meng-hack system operasi PS3 dan juga dia berhasil meng-hack iPhone.
Selain itu juga dia
pernah menantang Sony atas tindakan sony melakukan update firmware ps3 sehingga
membuat pihak sony ketakutan.
Ø Jerry
Yang, David Filo, dan Terry Semel (Eksekutif Yahoo)
Perusahaan ini juga
melanjutkan aksinya dengan peluncuran properti baru seperti Yahoo Food dan
Yahoo Pipes (untuk pembuatan custom data feed). Pergeseran Yahoo ke platform
iklan Panama mewakili usaha lain menarik pendapatan iklan yang telah dikuasai
Google.
Ø Sir
Tim Berners-Lee (Direktur World Wide Web Consurtium)
Ilmuwan Inggris ini
merancang Web browser, editor, dan language protocol (HTTP) pertama sementara
juga bekerja sebagai ilmuwan untuk CERN (European Organization for Nuclear
Research), dan ia mendirikan W3C pada 1994.
Teknologi
komunikasi mendukung kerja corporation di berbagai Negara secara terpisah
Saat ini penerapan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan. Pembangunan Teknologi Informasi Perusahaan dilakukan secara bertahap sebelum sebuah sistem holistik atau menyeluruh selesai dibangun, hal tersebut disesuaikan dengan kekuatan sumber daya yang dimiliki. Dalam penerapannya, rencana strategis teknologi informasi senantiasa diselaraskan dengan rencana perusahaan, agar setiap penerapan teknologi informasi dapat memberikan nilai bagi perusahaan. Mengacu kepada arsitektur teknologi informasi perusahaan, penerapan Teknologi Informasi yang dilakukan dikategorikan sebagai berikut :
Saat ini penerapan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan. Pembangunan Teknologi Informasi Perusahaan dilakukan secara bertahap sebelum sebuah sistem holistik atau menyeluruh selesai dibangun, hal tersebut disesuaikan dengan kekuatan sumber daya yang dimiliki. Dalam penerapannya, rencana strategis teknologi informasi senantiasa diselaraskan dengan rencana perusahaan, agar setiap penerapan teknologi informasi dapat memberikan nilai bagi perusahaan. Mengacu kepada arsitektur teknologi informasi perusahaan, penerapan Teknologi Informasi yang dilakukan dikategorikan sebagai berikut :
A.
Aplikasi Teknologi Informasi yang
menjadi landasan dari berbagai aplikasi lain yang ada di dalam Perusahaan
antara lain sistem operasi, basis data, network management dan lain-lain.
B.
Aplikasi yang sifatnya mendasar
(utility) yaitu aplikasi Teknologi Informasi yang dipergunakan untuk berbagai
urusan utilisasi sumber daya Perusahaan anatara lain sistem penggajian, sistem
akuntansi & keuangan dan lain-lain.
C.
Aplikasi Teknologi Informasi yang sesuai
dengan kebutuhan spesifik Perusahaan terutama yang berkaitan dengan proses
penciptaan produk/jasa yang ditawarkan Perusahaan antara lain Aplikasi
Properti, Aplikasi Forwarding dan Aplikasi Pergudangan.
Korporasi
media massa yang ada di indonesia
Banyak masyarakat Indonesia yang bergantung dengan media massa untuk hanya mencari sebuah hiburan ataupun untuk memenuhi kebutuhanya. Untuk sebagian pebisnis, dalam pandangan mereka itu merupakan salah satu peluang untuk meraup keuntungan yang menjanjikan. Maka tak heran dengan selalu bertambahnya media massa di Indonesia, dalam percetakan, pertelevisian ataupun radio. Dalam bidang pertelevisian, selain TVRI sebagai stasiun pertama yang berdiri di Indonesia yaitu pada tanggal 24 Agustus 196. terdapat 11 (sebelas) stasiun televisi lainya, Sebelas televisi ini ternyata dikuasai beberapa grup pemilik seperti MNC yang menguasai MNC (tadinya TPI), Metro TV, Global TV dan RCTI. Transcorp/Grup Para menguasai Trans TV dan Trans 7, kemudian Bakrie Group menguasai ANTV dan TV One , SCTV dan IVM (Indosiar Visual Mandiri) dikuasai kelompok yang sama, disamping TVRI serta Space Toon yang punya ijin siaran nasional, namun saham kepemilikan space toon kini telah di beli oleh perusahaan swasta dan berganti nama menjadi NET.
Banyak masyarakat Indonesia yang bergantung dengan media massa untuk hanya mencari sebuah hiburan ataupun untuk memenuhi kebutuhanya. Untuk sebagian pebisnis, dalam pandangan mereka itu merupakan salah satu peluang untuk meraup keuntungan yang menjanjikan. Maka tak heran dengan selalu bertambahnya media massa di Indonesia, dalam percetakan, pertelevisian ataupun radio. Dalam bidang pertelevisian, selain TVRI sebagai stasiun pertama yang berdiri di Indonesia yaitu pada tanggal 24 Agustus 196. terdapat 11 (sebelas) stasiun televisi lainya, Sebelas televisi ini ternyata dikuasai beberapa grup pemilik seperti MNC yang menguasai MNC (tadinya TPI), Metro TV, Global TV dan RCTI. Transcorp/Grup Para menguasai Trans TV dan Trans 7, kemudian Bakrie Group menguasai ANTV dan TV One , SCTV dan IVM (Indosiar Visual Mandiri) dikuasai kelompok yang sama, disamping TVRI serta Space Toon yang punya ijin siaran nasional, namun saham kepemilikan space toon kini telah di beli oleh perusahaan swasta dan berganti nama menjadi NET.
Di
samping itu kini telah beroperasi 7 televisi berlangganan satelit, 6 televisi
berlangganan terrestrial, dan 17 televisi berlangganan kabel. Tahun 2002,
terdapat 1188 Stasiun Siaran Radio di Indonesia. Jumlah itu terdiri atas 56
stasiun RRI dan 1132 buah Stasiun Radio Swasta. Perkembangan industri dan
bisnis penyiaran juga telah mendorong tumbuh pesatnya bisnis rumah produksi
(Production House/PH). Sebelum krisis ekonomi, tercatat ada 298 buah perusahaan
PH yang beroperasi di mana sekitar 80% di antaranya berada di Jakarta. Pada
saat krisis, khususnya antara tahun 1997-1999, jumlah PH yang beroperasi
menurun drastis sampai sekitar 60%. Pada tahun 2003, bisnis PH secara perlahan
kembali bangkit yang antara lain didorong oleh peningkatan jumlah televisi
swasta. Kebutuhan TV swasta akan berbagai acara siaran, mulai acara hiburan
sampai acara informasi dan pendidikan, banyak diproduksi oleh PH local. dalam
bisnis media penerbitan, khususnya surat kabar dan majalah, juga mengalami
peningkatan khususnya dalam hal kuantitas. Pada tahun 2000, menurut laporan
MASINDO, terdapat 358 media penerbitan. Jumlah tersebut terdiri atas 104 surat
kabar, 115 tabloid, dan 139 majalah.
Unsur
persaingan bisnis yang sekarang dilakukan media massa
Banyak
sekali unsur-unsur bisnis yang dilakukan oleh media massa sekarang, karena
dalam perkembangan teknologi sekarang hampir semua menggunakan media massa.
bahkan media massa berlomba memberikan yang terbaik kepada masyarakat untuk
memberikan tontonan atau persembahan terbaik untuk mencapai rating yang baik
juga. dan mencari kegemaran dan trend sekarang yang sedang berlansung didalam
masyarakat. bahkan banyak dari media televisi indoneisa, dalam 2 atau lebih
dari stasiun televisi sudah dipegang oleh satu saham. bahkan banyak juga yang
menarik atau membeli diluar media televisi. seperti online, media cetak, radio,
dan lainnya. untuk melengkapi kebutuhan hiburan melalui media kepada masyarkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar