Jumat, 17 Oktober 2014

Implikasi teknologi komunikasi dalam periklanan



(Blue Band)
Perubahan zaman menuntut para generasi bangsa untuk merubah pola pikir agar bisa lebih kompetitif. Perkembangan teknologi menjadi sebuah landasan dalam berbagai bidang di zaman sekarang, contohnya dalam bidang teknologi komunikasi. Teknologi di jadikan sebagai penunjang dalam periklanan dan untuk menarik pelanggannya.
Iklan adalah salah satu media untuk mengkomunikasikan sebuah produk dan jasa agar khalayak tertarik dengan produk dan jasa yang dipromosikan. Awalnya iklan berupa tulisan, tapi seiring perkembangannya kini iklan bisa melalui media digital yang menampilkan gambar dan suara sehingga membuat khalayak semakin tertarik.
Iklan tidak hanya bertujuan untuk menguntungkan para pembuat produk dan jasa, iklan juga menguntukan bagi calon konsumen agar dapat mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Dengan adanya implikasi teknologi yang semakin canggih dalam dunia periklanan ini sangat membantu ide-ide yang dulunya mungkin tidak bisa direalisasikan dikarenakan teknologinya belum memadai untuk melaksanakannya karna keterbatasan peralatan yang di gunakan, tetapi sekarang ide-ide kreatif sudah mulai muncul dan telah terdukung oleh kemajuan teknologi yang bisa dibilang memadai.
















Contoh implikasi teknologi dalam bidang periklanan adalah terdapat perbedaan iklan “blue band” sekitaran tahun 1936 dengan yang sekarang.  Dalam pembuatan iklannya sekitar tahun 30an yang hanya berkisar durasi 30 detik. Blue band membuat iklan yang sangat simpel. Dengan kualitas dan pengambilan gambar yang belum sebagus sekarang. Iklan blue band zaman dulu menyisipkan iklannya seperti membuat sebuah cerita dan berhubungan dengan olah raga, juga berhubungan dengan pertumbuhan pada anak-anak baik dalam segi kemampuan otak maupun dengan kekuatan tubuh untuk melakukan aktivitas.

Beda dengan iklan  yang sekarang, dari segi  kemasannya itu sendiri sudah terdapat berbagai varian dari kemasannya, ada yang saset, cup  maupun kaleng. Sedangkan dari segi teknologi dalam iklan blue band  sudah menggunakan kamera dengan hasil yang lebih bagus, berbeda dari tahun-tahun tahun-tahun sebelumnya. Dan juga sudah terdapat berbagai efek dalam periklanannya sehingga terlihat tambah menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar