(Blue Band)
Perubahan zaman
menuntut para generasi bangsa untuk merubah pola pikir agar bisa lebih kompetitif.
Perkembangan teknologi menjadi sebuah landasan dalam berbagai bidang di zaman
sekarang, contohnya dalam bidang teknologi komunikasi. Teknologi di jadikan
sebagai penunjang dalam periklanan dan untuk menarik pelanggannya.
Iklan adalah salah satu
media untuk mengkomunikasikan sebuah produk dan jasa agar khalayak tertarik
dengan produk dan jasa yang dipromosikan. Awalnya iklan berupa tulisan, tapi
seiring perkembangannya kini iklan bisa melalui media digital yang menampilkan
gambar dan suara sehingga membuat khalayak semakin tertarik.
Iklan tidak hanya
bertujuan untuk menguntungkan para pembuat produk dan jasa, iklan juga
menguntukan bagi calon konsumen agar dapat mengetahui apa saja kelebihan dan
kekurangan dari produk tersebut. Dengan adanya implikasi teknologi yang semakin
canggih dalam dunia periklanan ini sangat membantu ide-ide yang dulunya mungkin
tidak bisa direalisasikan dikarenakan teknologinya belum memadai untuk
melaksanakannya karna keterbatasan peralatan yang di gunakan, tetapi sekarang
ide-ide kreatif sudah mulai muncul dan telah terdukung oleh kemajuan teknologi
yang bisa dibilang memadai.
Contoh implikasi
teknologi dalam bidang periklanan adalah terdapat perbedaan iklan “blue band”
sekitaran tahun 1936 dengan yang sekarang.
Dalam pembuatan iklannya sekitar tahun 30an yang hanya berkisar durasi
30 detik. Blue band membuat iklan yang sangat simpel. Dengan kualitas dan
pengambilan gambar yang belum sebagus sekarang. Iklan blue band zaman dulu
menyisipkan iklannya seperti membuat sebuah cerita dan berhubungan dengan olah
raga, juga berhubungan dengan pertumbuhan pada anak-anak baik dalam segi
kemampuan otak maupun dengan kekuatan tubuh untuk melakukan aktivitas.
Beda dengan iklan yang sekarang, dari segi kemasannya itu sendiri sudah terdapat
berbagai varian dari kemasannya, ada yang saset, cup maupun kaleng. Sedangkan dari segi teknologi
dalam iklan blue band sudah menggunakan
kamera dengan hasil yang lebih bagus, berbeda dari tahun-tahun tahun-tahun sebelumnya. Dan
juga sudah terdapat berbagai efek dalam periklanannya sehingga terlihat tambah
menarik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar